Rabu, 01 April 2009

DOA YANG MENGANCAM


Sutradara : Hanung Bramantyo, Cerita dan penulis skenario : Jujur Pranantio, Pemain : Aming , Titi Kamal, Ramzi, Dedi Sutomo, H. Djojon & Nani Wijaya.Special Apperances : Cici Tegal, Berliana Febriyanti, Cahya Kamila , Saskia A. Mecca, Oka Antara, Desta Club 80's.


Doa yang mengancam merupakan salah satu fenomena sangat bagus dan cukup menarik untuk ditonton. Di dalam film ini kita dapat memperoleh pelajaran yang sangat berharga dan dapat kita ambil hikmahnya. Menurut saya film ini juga merupakan film yang mendidik.

Film ini bermula dikisahkan dari seorang kuli angkut di pasar tradisional bernama Madrin (Aming S. Sugandhi) yang hidupnya pas-pasan dan juga wajah—yang dimiliki pun ikut pas-pasan pula. Tapi selain itu ia punya harta yang sangat tak ternilai dan bagus. Ia memiliki istri cantik nan jelita bernama Juleha (Titi Kamal). Namun karena hidupnya tak ada perubahan yang signifikan akhirnya ia ditinggal kabur oleh istrinya. Bukan itu saja ia juga di usir oleh sang pemilik kontarakan (Cici Tegal) dari rumah kontarkannya itu.


Dia selalu merasa dirinya bernasib paling malang di dunia. Kawannya, yang bernama Kadir (Ramzi), seorang penjaga mushola menyarankan agar Madrim rajin sholat. Madrim mengikuti nasihat ini tapi nasibnya tak kunjung berubah. Sebuah peristiwa perampokan mengilhami Madrim. Dalam doanya ia mengancam Tuhan dan memberi tenggat waktu tiga hari. Jika doanya tidak terkabul, ia akan berpaling ke setan.




Hikmah yang terkandung dari film doa yang mengancam yaitu:


  1. Bersyukurlah atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Miskin dan kaya itu tidak ada bedanya dihadapan Allah, yang membedakan hanyalah dilihat dari sisi takwanya. Oleh karena itu kita tidak boleh mengeluh kepada Tuhan bahwa kita tidak punya apa-apa.justru Allah telah memberikan segala sesuatu yang kita butuhkan. Kemungkinan ita sedang diuji kesabarannya oleh Allah. Dan sebaiknya dalam menghadapi cobaan dan ujian kita harus lebih mendekatkan diri kepada Allah.
  2. Jika ada sesuatu hal yang ingin kita capai, hendaknya kita senantiasa berikhtiar dengan cara melakukan segala sesuatunya dengan tekun , sabar dan jangan lupa diiringi dengan doa kepada Allah. Maka apa yang kita yakini pasti akan tercapai.
  3. Jangan bertindak yang tidak wajar seperti menginginkan sesuatu dengan cepat atau instan karena banyak sekali tindakan-tindakan yang tidak baik untuk menuju yang serba cepat.
  4. Berhati-hati dalam menjalankan hidup sebab apa yang kita miliki baik kekurangan maupun kelebihan terkadang dapat dimanfaatkan oleh orang lain untuk tujuan yang tidak baik.
  5. Kita tidak boleh menyekutukan Allah seperti yang diperankan oleh aming yaitu menyembah setan karena doanya tidak juga dikabulkan oleh Allah. Hal itu merupakan dosa yang sangat besar,dan merupakan cara yang tidak diridhoi oleh Allah.Mungkin saja Allah punya rencana lain yang terbaik untuk kita sehingga doa kita belum dikabulkan. Oleh karena itu kita harus senantiasa berusaha dan berdoa kepada Allah SWT.
  6. Melatih kejujuran dalam bertindak didunia ini, karena dengan jujur maka kita akan hidup tenang dan tentram tanpa dihantui oleh suatu kebohongan. Oleh karena itu marilah kita selalu jujur, baik jujur terhadap Allah,diri sendiri maupun orang lain.ok.
  7. Doa dari seorang ibu adalah doa yang paling manjur, oleh karena itu kita harus menghargai dan menghormati ibu kita,kita tidak boleh menyakiti perasaan seorang ibu. Ibu meupakan sesorang yang berharga bat saya.Cintailah ibu kalian ya...
  8. Dalam berdoa kita juga tidak boleh mengancam,karena hal tersebut merupakan syirik terhadap Allah. Alangkah baiknya kita sebagai seorang muslim mempunyai perilaku danakhlak yang baik dan selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi laranga-Nya. Didunia ini kita hanya dapat berusaha semaksimal mungkin dan tentunya tidak lupa juga berdoa,setelah itu semua dilakukan sebaiknya kita bertawakal/berserah diri kepada Allah SWT.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar